Selasa, 09 Desember 2014

NU Turki Peringati Nuzulul Quran Bersama Dubes RI

Istanbul, Pesantren Al-Amien Purwokerto. Pengurus Cabang Istimewa Nahdhatul Ulama (PCINU) Turki memperingati malam Nuzulul Quran tahun ini dalam kemasan nonformal dan santai. Namun, di balik kesederhanaan tersebut hadir tamu spesial Duta Besar RI untuk Aljazair Ahmad Niam Salim.

Peringatan turunnya Al-Quran yang digelar 17 Ramadhan 1435 H, Senin (14/7), ini digelar di kawasan Blue Mosque Sultan Ahmet, Istanbul, Turki. Acara ini dihadiri anggota PCINU Turki yang sedang kuliah di Turki, khususnya Istanbul.

NU Turki Peringati Nuzulul Quran Bersama Dubes RI (Sumber Gambar : Nu Online)
NU Turki Peringati Nuzulul Quran Bersama Dubes RI (Sumber Gambar : Nu Online)


NU Turki Peringati Nuzulul Quran Bersama Dubes RI

Dalam kesempatan itu, duta besar yang lahir dari kalangan pesantren itu menjabaran beberapa hal seputar kandungan Al-Quran. Ia menuturkan bahwa salah satu spirit Al-Quran adalah agar manusia itu bertindak secara kreatif dan menerapkan seni atau gaya khas keindahan dalam setiap hal.

Hal ini terinspirasi dari ayat 30 pada surat Al-Anfal yang artinya kurang lebih, Dan Allah sebaik-baik pembuat makar.." Dalam ayat ini Ahmad Niam Salim menerjemahkan secara bebas kata makar sebagai stretegi.

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Sekarang yang jadi pertanyaan, bukankah Allah itu mampu membuat sesuatu hanya dengan berkata Jadilah! Jika memang demikian, mengapa Allah membuat strategi segala? Bukankah dengan hanya berfirman Jadilah! maka akan terjadi hal yang di inginkan Allah itu?

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Niam Salim melanjutkan, Nah di sinilah letak spirit itu, ternyata dengan ayat ini, seolah-olah Allah mengajarkan kepada manusia bahwa dalam melakukan suatu hal jangan asal jalan saja, tetapi memerlukan strategi agar tepat sasaran. Memerlukan seni agar tidak ada yang tersakiti, memerlukan pertimbangan agar semua merasa aman, tuturnya.

Ketua Tanfidziah PCINU Turki Ulin Nuha mengatakan, meski dikemas santai pihaknya tetap menjadikan acara ini sebagai tujuan untuk mendalami nilai-nilai Al-Quran.

PCINU Turki merayakan hari turunnya Al-Quran dengan mengupas spirit Alquran bagi kemajuan suatu bangsa. Acara yang di kemas dengan obrolan santai namun berbobot tersebut telah menyedot motivasi para punggawa PCINU Turki, ujarnya. (Hari Pebrian/Mahbib)

Dari (Internasional) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/53337/nu-turki-peringati-nuzulul-quran-bersama-dubes-ri

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Pesantren Al-Amien Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Pesantren Al-Amien Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Pesantren Al-Amien Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock