Sabtu, 19 Juli 2014

LAZIS NU Gelar Sahur Bersama 5000 Dhuafa

Jakarta, Pesantren Al-Amien Purwokerto. Berbagi Sahur Tanda Syukur. Itulah salah satu program yang dilaksanakan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama. Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan semangat berbagi kepada sesama, selama bulan Ramadhan 1432 H, Lazisnu bekerja sama dengan beberapa yayasan, komunitas dan lembaga sosial mengadakan sahur bersama.

Rabu, 24 Agustus 2011. Waktu masih menunjukkan pukul 03.00 WIB. Namun suasana di pemukiman kumuh kawasan Taman Surya, Poris Pelawad, Kalijodoh, Jakarta Utara, dini hari cukup ramai. Seratusan orang tua dan muda terlihat cukup antusias untuk mendatangi salah satu pos yang ada di kawasan padat penduduk itu. Di pagi dini hari itulah, Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) mengadakan salah satu program khususnya di bulan Ramadhan, Berbagi Sahur Tanda Syukur, Sahur Bersama dengan 50.000 Dhuafa.

LAZIS NU Gelar Sahur Bersama 5000 Dhuafa (Sumber Gambar : Nu Online)
LAZIS NU Gelar Sahur Bersama 5000 Dhuafa (Sumber Gambar : Nu Online)


LAZIS NU Gelar Sahur Bersama 5000 Dhuafa

Di kawasan yang banyak dihuni oleh para pengemis, pemulung dan para wanita mantan Pekerja Seks Komersial (PSK) ini, Lazisnu bekerja sama dengan Persatuan Antar Radio Komunitas (PARADITAS) menggelar acara sahur bersama. Tahyudin Aditya, Ketua PARADITAS yang menjadi panitia pelaksana acara ini mengaku senang dan bahagia. Dengan bantuan paket sahur yang diberikan oleh lazisnu, dia bersama kawan-kawan komunitas radio bisa berbagi dan melihat keceriaan di wajah para kaum dhuafa yang termarginalkan. Dia juga bersyukur bisa berpartisipasi dalam acara yang bermanfaat ini.

Ada lagi cerita sahur bersama yang diadakan Lazisnu di bawah jembatan flyover di kawasan Pasar Slipi, Jakarta Barat, (22/8). Di bawah jembatan yang banyak dihuni oleh para kuli panggul pasar ini, acara sahur terbilang sukses. Sekitar 150-an orang yang sebagian besar adalah kuli panggul dan tukang parkir ini ikut menyemarakkan acara sahur bersama Lazisnu.

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Saya bersyukur sekali Lazisnu mengadakan sahur bersama kami di sini. Sebagai kuli panggul yang penghasilannya tidak seberapa, paket sahur ini sangat berarti buat kami. Jangankan makan untuk sahur, untuk makan berbuka saja kami kesulitan. Terima kasih banyak Lazisnu, lirih Madi, salah satu kuli panggul di Pasar Slipi yang merasa senang dengan acara sahur ini.

Sahur bersama juga diadakan Lazisnu di pemukiman para nelayan dan kuli pasar ikan di kawasan Tempat Pelelangan Ikan Muara Kamal, Jakarta Utara. Antusiasme para penerima paket sahur di tempat ini juga tidak kalah ramai dengan beberapa tempat lainnya. Ada sekitar 150-an kaum dhuafa yang sebagian besar kuli pasar yang mengikuti acara ini. Para kaum ibu di pemukiman padat penduduk ini rata-rata mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Lazisnu atas kesediaannya berkunjung dan membagikan paket sahur kepada mereka.

Joko Krismiyanto, ketua panitia pelaksana sahur bersama Lazisnu di sela-sela kesibukannya mengatur acara sahur bersama di puluhan titik itu mengatakan bahwa acara sahur ini adalah yang pertama kali diadakan oleh Lazisnu dan terbilang cukup sukses. Rasa capek dan letih mengurus beragam persiapan sahur terasa hilang begitu melihat wajah-wajah ceria nan bahagia para kaum dhuafa ketika mendapatkan paket untuk makan sahur mereka.

Acara sahur bersama Lazisnu ini memang tidak hanya diadakan di satu wilayah saja. Ada puluhan titik yang dilaksanakan selama bulan ramadhan. Selain di tiga tempat tadi, secara keseluruhan Lazisnu telah menyalurkan sekitar 5.000 paket sahur di 25 titik komunitas pengemis, pemulung, anak-anak yatim, fakir-miskin dan kaum dhuafa di Tangerang, Sukabumi, Bogor, Depok, Bekasi, Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Dengan menjalin kerjasama dengan beberapa organisasi masyarakat, komunitas, masjid dan lembaga sosial, acara sahur bersama ini terbilang cukup sukses dan lancar.

KH. Masyhuri Malik, Ketua PP Lazisnu di sela-sela kesibukannya menyatakan bahwa acara Sahur Bersama ini diadakan atas dasar semangat berbagi dan memberi. Karena di bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan serta bulan yang sarat dengan semangat-semangat berbuat kebajikan, masih saja terdapat sudut berbeda dengan realita yang cukup miris dan menyedihkan. Ramadhan rupanya hanya bisa dirasakan dan dinikmati oleh kaum berpunya saja. Tapi bagi keluarga miskin, ternyata Ramadhan masih dirasakan sebagai bulan yang biasa, di mana mereka harus tetap bekerja banting tulang untuk mendapatkan sesuap nasi.

Karena itulah, menurut KH. Masyhuri Malik, melalui program Ramadhan, Lazisnu berusaha mengadakan beragam kegiatan kepedulian bagi kaum dhuafa agar keberkahan yang Allah berikan di bulan yang penuh berkah ini dapat dirasakan oleh semua pihak. Tidak hanya untuk para muzakki namun juga untuk para mustahiq, agar mereka dapat merasakanya bahwa Ramadhan tahun ini menjadi ramadhan milik semua.

Di kesempatan yang berbeda, Amir Maruf, Direktur Eksekutif Lazisnu menyatakan bahwa program kegiatan Ramadhan yang diadakan Lazisnu tahun ini cukup padat. Ada beragam kegiatan yang dikemas cukup menarik dan bermanfaat. Selain Sahur bersama, Lazisnu juga mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama Para Pemulung, penyaluran bingkisan lebaran kepada 15.000 fakir miskin dan dhuafa, Road Show Motivasi Zakat, dan Pesantren Ramadhan bersama 1.000 Anak Jalanan di Masjid At-Tin.

Redaktur: Mukafi Niam

Dari (Warta) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/33678/lazis-nu-gelar-sahur-bersama-5000-dhuafa

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Pesantren Al-Amien Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Pesantren Al-Amien Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Pesantren Al-Amien Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock