Minggu, 08 Februari 2015

Pengurus Baru Fatayat Didominasi Kader PPKB

Jakarta, Pesantren Al-Amien Purwokerto. Pengurus harian hasil kongres ke XIII Fatayat tampaknya didominasi oleh figur dari Perempuan Partai Kebangkitan Bangsa (PPKB). Dari enam ketua, tiga diantaranya merupakan pengurus PPKB, yaitu Ida Fauziyah, Yana Latifah, dan Nurhasanah. Maria Ulfa sebelumnya juga menjabat sebagai salah satu ketua PKB, walaupun akhirnya mengundurkan diri.

Demikian juga dengan posisi sekretaris umum, Ummi Chusnul merupakan salah satu anggota dewan syuro PKB. Ia dulu aktif di bidang pengkaderan dan saat ini menduduki jabatan dekan fakultas syarian Institut Ilmu Quran. Posisi bendahara umum yang dipegang oleh Ummu Fatma, istri Saifullah Yusuf yang tentu saja sudah jelas posisinya.

Beberapa mantan pengurus Fatayat mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi ini karena dengan masuknya orang-orang partai, dikhawatirkan akan membuat Fatayat sekedar sebagai perpanjangan tangan dari Parpol dengan kepentingan praktisnya.

Pengurus baru tersebut dipilih oleh formatur yang terdiri dari sembilan orang. Tujuh mewakili wilayah dan satu orang ketua umum baru dan satu orang mewakili ketua umum lama dan arena ketua lama terpilih lagi, maka digantikan oleh salah satu ketua.

Pengurus Baru Fatayat Didominasi Kader PPKB (Sumber Gambar : Nu Online)
Pengurus Baru Fatayat Didominasi Kader PPKB (Sumber Gambar : Nu Online)


Pengurus Baru Fatayat Didominasi Kader PPKB

Partai politik tampaknya ikut bermain dalam kongres ini karena organisasi seperti Fatayat dapat digunakan sebagai mesin politik. Banom NU ini memiliki massa riil dan memiliki jaringan sampai ke bawah tingkat ranting atau di desa-desa. Pertarungan antara Maria Ulfa dan Ulfah Masfufah dikabarkan sebagai pertarungan antara PKB dan PPP.

Perubahan struktur ketua

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Terdapat perubahan struktur ketua yang dulunya hanya empat sekarang menjadi enam. Masing-masing membawahi satu bidang. Pada periode yang lalu terdapat sembilan bidang yang dirangkap oleh beberapa ketua sedangkan saat ini dikurangi menjadi enam, namun masing-masing menjadi lebih terfokus.

Maria Ulfa Ansori menjelaskan bahwa program lima tahun ke depan akan difokuskan tetap pada pemberdayaan perempuan dengan konsentrasi pada konsolidasi dan kaderisasi. Selain itu juga akan dilakukan upaya pengembangan jaringan lokal.

Berikut ini hasil rapat formatur untuk susunan pengurus harian periode 2005-2010:

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Ketua Umum : Dra. Maria Ulfa Anshor M.Hum

Ketua 1 : Dra. Hj. Siti Marhamah Mujib, M.Ag

Ketua 2 : Drg. Ulfah Masfufah

Ketua 3 : Dra. Ida Fauziah

Ketua 4 : Dra. Hj. Nurhasanah Arifin Djunaidi

Ketua 5 : Hj. Siti Haiyinah Sodikin, SE

Ketua 6 : Dra. Yana Lathifah

Sekretaris Umum : Dra. Hj. Ummi Chusnul Khotimah, M.Ag

Sekretaris I : Dra. Siti Masrifah

Sekretaris II : Dra. Muzaenah Zein

Sekretaris III : Dra. Rustini Muhamin Iskandar

Bendahara Umum : Dra. Ummu Fatmah Saifullah Yusuf

Bendahara I : dr. Hj. Erna Yulia Sofihara

Bendahara II : Iklilah Muzayyanah Diri Fajriah, S.Th I

(mkf)

Dari (Warta) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/3276/pengurus-baru-fatayat-didominasi-kader-ppkb

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Pesantren Al-Amien Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Pesantren Al-Amien Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Pesantren Al-Amien Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock