Minggu, 06 Oktober 2013

STAI Imam Sayfii Cianjur Adopsi Kurikulum Universitas Al-Azhar Mesir

Cianjur, Pesantren Al-Amien Purwokerto. Untuk kali pertama, STAI Imam Syafii Cianjur mewisuda mahasiswa strata satu (S1) angkatan pertamanya, Selasa (1/11). Bertempat di auditorium kampus, wisuda ini diikuti oleh 38 wisudawan dan wisudawati.

Wisuda perdana sekolah tinggi yang didirikan oleh Syaikh Hasan Hitou, ulama asal Suriah ini, dihadiri oleh ratusan alim ulama lokal dan mancanegara dan keluarga wisudawan-wisudawati.

STAI Imam Sayfii Cianjur Adopsi Kurikulum Universitas Al-Azhar Mesir (Sumber Gambar : Nu Online)
STAI Imam Sayfii Cianjur Adopsi Kurikulum Universitas Al-Azhar Mesir (Sumber Gambar : Nu Online)


STAI Imam Sayfii Cianjur Adopsi Kurikulum Universitas Al-Azhar Mesir

Dari mancanegara di antaranya adalah hadir guru besar Universitas Kuwait, Prof. Dr. Abdusyafi dan Prof. Dr. Muhalhil al-Mudif. Dan dari dalam negeri hadir di antaranya Rais Syuriyah PBNU, KH. Idris Abdul Hamid Pasuruan, dan jajaran pengurus Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami).

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Syaikh Hasan Hitou, selaku Ketua STAI Imam Syafii Cianjur, dalam sambutannya menyampaikan bahwa perguruan tinggi yang dibangunnya ini adalah bentuk pengabdian terhadap ilmu pengetahuan, akhlak, dan pendidikan. Institusi ini juga non-profit.

Tidak ada kepentingan ekonomi dan politik di dalamnya, tegasnya.

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Para mahasiswa yang berkuliah disini memang hampir tidak dikenakan iuran sama sekali. Ia menambahkan bahwa, pembangunannya yang dilakukan di Indonesia adalah dalam rangka menjaga khazanah keilmuan Islam yang tengah menghadapi tantangan besar di Timur Tengah. Ia memilih Indonesia karena dinilainya mempunyai peradaban keislaman yang baik dan kondusif.

Dalam pembelajarannya sehari-hari, STAI Imam Syafii menerapkan kurikulum Universitas al-Azhar Mesir, dimana para santri diajar untuk menghafal berbagai materi-materi berbahasa Arab, baik dalam bentuk nazam maupun natsar.

Metode ini terbukti telah mampu mencetak ulama-ulama besar Ahlussunnah wa al-Jamaah. Kampus yang dalam pendiriannya dibantu Ikatan Alumni Syam Indonesia ini juga menggunakan banyak tenaga pendidik moderat, yang didatangkan dari Damaskus dan berbagai institusi pendidikan ternama di Timur Tengah, dengan harapan dapat melahirkan kiai-kiai yang akan menjaga tawasutiyah (moderatisme) beragama dan bernegara di Indonesia, bahkan dunia. (Njh/Fathoni)

Dari (Daerah) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/72608/stai-imam-sayfii-cianjur-adopsi-kurikulum-universitas-al-azhar-mesir

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Pesantren Al-Amien Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Pesantren Al-Amien Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Pesantren Al-Amien Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock