Selasa, 18 Oktober 2016

Putri Gus Dur Dukung Warga Tolak Pabrik Semen di Rembang

Rembang, Pesantren Al-Amien Purwokerto. Putri mendiang KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa Wahid, mengunjungi puluhan warga Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, yang masih bertahan sejak 16 Juni lalu di tenda dekat lokasi yang rencananya akan berdiri pabrik semen.

Alissa mendukung protes warga terhadap pendirian pabrik milik PT Semen Indonesia itu. Aksi simpatik Koordinator Jaringan Gusdurian Indonesia ini mendapat sambutan hangat dari mereka. Seperti Yani, warga Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem.

Putri Gus Dur Dukung Warga Tolak Pabrik Semen di Rembang (Sumber Gambar : Nu Online)
Putri Gus Dur Dukung Warga Tolak Pabrik Semen di Rembang (Sumber Gambar : Nu Online)


Putri Gus Dur Dukung Warga Tolak Pabrik Semen di Rembang

"Kami sangat senang dengan kedatangan dari Mbak Alissa sebagai bentuk dukungan kepada kita, masyarakat kecil yang dibodohi oleh orang yang berkuasa. Kita di sini menjadi korban mulai dari perangkat desa hingga Pemerintah Daerah Rembang," tutur ibu rumah tangga yang juga peserta aksi penolakan ini.

Kepada Pesantren Al-Amien Purwokerto, Alissa mengatakan, mengenai kasus pabrik semen di Rembang, yang perlu dicari adalah solusi terbaik bagi semua pihak.

Pesantren Al-Amien Purwokerto

"Misalnya jika prinsip yang akan dipakai adalah kemaslahatan, maka perlu jelas dulu kemaslahatan siapa dan apakah ukuran kemaslahatan bagi bangsa sama dengan ukuran kemaslahatan yang dimiliki masyarakat di sekitar area ini," ujarnya.

Kejelasan tersebut, menurut Alissa, memiliki arti penting, agar tidak terjadi saling rebut hak dan klaim antar-pihak, baik yang pro maupun yang masih kontra terhadap pabrik semen.

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Putri sulung Gus Dur ini menambahkan, jika misalnya penambangan atau industri itu dianggap membawa masalat bagi penduduk sekitar, maka harus ditunjukkan dulu pra-kondisi dan perkembangan yang ada.

Dia menegaskan, yang paling penting adalah menemukan prinsip dasar yang hendak dipakai. Jika kemudaratan yang diprioritaskan daripada keuntungan, maka semua pihak harus meletakkannya secara adil. (Ahmad Asmui/Mahbib)

Dari (Daerah) Nu Online: http://www.nu.or.id/post/read/52921/putri-gus-dur-dukung-warga-tolak-pabrik-semen-di-rembang

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Pesantren Al-Amien Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Pesantren Al-Amien Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Pesantren Al-Amien Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock