Kamis, 24 Februari 2011

Ini Foto Asli Mbah Kholil Bangkalan. Yang Beredar Adalah Foto Raden Kammuk

Pesantren Al-Amien Purwokerto - Banyak kalangan yang mempertanyakan kebenaran foto ulama kharismatik Syaichona KH Mohammad Kholil Bangkalan, Madura. Sebab, foto-foto yang selama ini beredar luas di internet bukanlah foto Kiai Kholil yang asli.

"Jadi harus diluruskan bahwa foto itu bukan Kiai Kholil. Tapi foto orang lain, namanya Din Kammuk (Raden Kammuk)," kata Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Kholil Bangkalan, KH Zubair Muntashor, pada TIMES Indonesia, Senin (23/01/2017).

Ini Foto Asli Mbah Kholil Bangkalan. Yang Beredar Adalah Foto Raden Kammuk - Pesantren Al-Amien Purwokerto
Ini Foto Asli Mbah Kholil Bangkalan. Yang Beredar Adalah Foto Raden Kammuk - Pesantren Al-Amien Purwokerto


Ini Foto Asli Mbah Kholil Bangkalan. Yang Beredar Adalah Foto Raden Kammuk

KH Zubair Muntashor menuturkan Raden Kammuk semasa hidupnya merupakan Khotib Khutbah Jumat di Masjid Agung Sultan Kadirun Bangkalan. Rumahnya, di Jalan Jokotole II RT 12 Kelurahan Demangan.

"Kekeliruan foto terjadi karena Raden Kammuk memiliki nama lahir yang sama dengan Syaichona KH Mohammad Kholil yakni Holil bin Zainal Alim," jelasnya.

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Menurut cicit Syaichona KH Mohammad Kholil ini, saat awal foto itu beredar, keluarga 'bani Kholil' tidak bisa mengklarifikasi ihwal foto itu karena tak satu pun keluarga yang memiliki foto asli Syaichona KH Mohammad Kholil.

Ketika fotonya diupload ke internet, banyak kalangan yang menganggap sosok Raden Kammuk adalah Syaichona KH Mohammad Kholil. Karena pada keterangan caption, orang dalam foto tersebut hanya disebutkan KH Kholil Bangkalan.

"Hanya menurut sejumlah cerita, salah satu cicitnya yaitu KH Mohammad Kholil AG, pendiri Pondok Pesantren Ibnu Kholil, wajahnya sangat mirip dengan Syaichona KH Mohammad Kholil yaitu wajah ke arab-araban dengan hidung mancung," tuturnya.

Pesantren Al-Amien Purwokerto

Sekitar dua bulan lalu, tutur Kiai Zubair, ada seorang warga Bangkalan yang bekerja di kapal pesiar, sempat berkunjung ke musium di Den Haag, Belanda. Dia kemudian memotret beberapa foto tentang Bangkalan yang ada di musium tersebut. Salah satunya, foto Adi Pati Bangkalan bersama sejumlah tokoh di depan Pendopo. [Pesantren Al-Amien Purwokerto]

Dari : http://www.dutaislam.com/2017/01/ini-foto-asli-mbah-kholil-bangkalan-yang-beredar-adalah-foto-raden-kammuk.html

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Pesantren Al-Amien Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Pesantren Al-Amien Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Pesantren Al-Amien Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock