Minggu, 12 Desember 2010

Pondok Pesantren Al-Amin Purwokerto Utara Banyumas

Jika mendengar namanya, jujur kami Pesantren Al-Amien Purwokerto jadi teringat ketika dulu pernah dan sempat ke Pondok Pesantren Quran Al-Amin purwokerto tersebut. Seperti apa profil pondok tersebut, mari kita ulas disini.

PPQ Al-Amin atau Pondok Pesantren Qur'an Al-Amin pertama kali didirikan yaitu pada 20 Desember 1994, Pesantren Al-Amin ini berlokasi di Kelurahan Pabuwaran Purwokerto Utara.

Berdirinya pesantren ini ketika pengasuh pondok KH. Drs. Ibnu Mukti, M.PdI mengadakan pengajian umum setiap malam kamis di musholla sekitar, yaitu Mushola Nurul Barokah dan Musholla Baitul Muttaqin. Kemudian mulai ada anak-anak yang ingin belajar ngaji, waktunya setelah sholat maghrib.

Awal Mula Al-Amin Purwokerto


Diceritakan kepada Pesantren Al-Amien Purwokerto, Awal mula pondok pesantren Al-Amin ini bermula ketika tahun 1992 ketika Abah Mukti beserta keluarga pindah ke Purwokerto yang sebelumnya di Jakarta, alasan kedatangan ke Purwokerto karena Ibu Nyai saat itu baru diterima menjadi dosen Fakultas Ekonomi UNSOED.

Abah kyai mukti sebelum di Pabuwaran, beliau tinggal di daerah Sumampir purwokerto. Abah mukti sangat suka mendatangi mushola dan masjid di sekitar untuk mengajar ngaji dan ceramah. Nah mulai saat itu Abah kiai Ibnu Mukti dikenal sebagai ustadz dan ulama.

Kemudian ada jamaah pengajian beliau (Hj. Siti Aminah) yang mewakafkan sebidang tanah di kelurahan Pabuwaran untuk dibangun pondok pesantren, karena itu Abah Mukti pindah ke pabuwaran.

Abah kyai Ibnu Mukti saat itu tinggal di rumah kecil, dan tanah wakaf yang rencana akan dibangun pesantren itu masih berupa tanah kosong yang tidak rata karena daerah pabuaran memang daerah miring.

Untuk bisa dibangun pondok, tanah wakaf harus terlebih dahulu diratakan dengan tanah. Kata abah yai, dulu untuk meratakan butuh 10 lebih truk tanah. Setelah semua rata barulah pembangunan Pondok Pesantren Al-Amin dimulai secara bertahap.

Pondok putra lantai satu sudah dibangun, Abah kiyai dan keluarga pindah disitu dan santri putra yang berasal dari sekitar Purwokerto menghuni kamar sebelahnya. Kemudian, Abah yai bersama santri-santri membangun lantai dua dan lantai tiga. Setelah pondok putra selesai dibangun, kemudian dilanjutkan membangun pondok putri pusat dan ndalem (yang ditinggali Abah sekarang).

Pada tahun 1994 pembangunan pondok selesai dan oleh Abah kiai Mukti diberi nama Pondok Pesantren Al Quran Al Amin, nama Al Amin ini diambil dari nama Siti Aminah yang telah memberi tanah wakaf, tujuannya untuk mengenang jasa beliau.

Untuk foto selengkapnya, silahkan kunjungi blog Bang Roy Han.

Dari : http://bangroyhan.pasti.in/pondok-pesantren/pondok-pesantren-al-amin-purwokerto-utara-banyumas/

Menyajikan informasi secara lugas dan berimbang, disertai data-data yang akurat dan terpercaya.


EmoticonEmoticon

Nonaktifkan Adblock Anda

Perlu anda ketahui bahwa pemilik situs Pesantren Al-Amien Purwokerto sangat membenci AdBlock dikarenakan iklan adalah satu-satunya penghasilan yang didapatkan oleh pemilik Pesantren Al-Amien Purwokerto. Oleh karena itu silahkan nonaktifkan extensi AdBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

Fitur Yang Tidak Dapat Dibuka Ketika Menggunakan AdBlock

  1. 1. Artikel
  2. 2. Video
  3. 3. Gambar
  4. 4. dll

Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu Adblocker anda atau menggunakan browser lain untuk dapat menikmati fasilitas dan membaca tulisan Pesantren Al-Amien Purwokerto dengan nyaman.


Nonaktifkan Adblock